Products

Tribelio Buat Bisnis Lebih Mudah

Table of Contents
        Banyak yang belum tau atau kenal apa itu Tribelio baik Perorangan atau Pelaku Bisnis. Tribelio adalah sebuah platform yang memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk bisnis mereka di dunia internet. Tribelio juga merupakan sebuah All in One Community Management Platform untuk membantu orang-orang yang ingin membangun dan mengelola komunitas, dan memperoleh pendapatan dari keberadaan komunitas dalam bisnis mereka tersebut. Jika bicara soal digital marketing, tentunya kita harus peduli dengan pengalaman berselancar di tempat jualan kita, bagaimana mengarahkan customer dari satu halaman ke halaman lain agar dapat menghasilkan sebuah kesepakatan jual beli pada produk yang kita tawarkan di tempat kita.

Digital Marketing
Digital marketing adalah proses pemasaran produk atau jasa yang memanfaatkan media digital dan jaringan internet. Metode ini, menjadi andalan di kalangan pebisnis jika dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional. Ini karena digital marketing memiliki potensi lebih besar untuk meraih keuntungan sesuai target jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Dengan mengeluarkan biaya yang tidak terlalu tinggi, digital marketing dapat memberikan hasil yang memuaskan. Namun, hal ini tentu tidak lepas dari pemilihan strategi digital marketing yang tepat. Strategi yang tepat ini tentu dapat menuntun pendapatan yang sesuai target.

Memulai Digital Marketing
Untuk memulai suatu kampanye digital marketing, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Berikut ini contoh digital marketing yang bisa dilakukan oleh perorangan atau perusahaan.

1. Alat
Sebelum memulai kampanye, hal yang perlu dilakukan ialah menyiapkan alat-alat yang bisa digunakan untuk mendukung proses pemasaran digital. Beberapa di antaranya ialah blog, media sosial, website, brand, dan lain sebagainya.

2. Konten
Setelah menyiapkan alat-alat yang ingin digunakan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan konten. Siapkan konten yang menarik dan informatif. Beberapa contoh konten yang dibuat ialah tulisan, foto, video, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan tujuan pemasaran yang akan dilakukan. Ini penting dilakukan agar selaras dengan konten yang akan dibuat.

3. Mengunggah konten
Setelah semua siap, langkah selanjutnya adalah mulai mengunggah konten-konten yang sudah dibuat melalui media-media yang ada. Perhatikan bagaimana pergerakan konten yang dibuat. Selanjutnya, lakukan evaluasi.

4. Gabung ke Forum
Dan yang terakhir, masuk dan bergabunglah ke suatu forum atau komunitas tertentu yang berkaitan dengan bisnis atau perusahaan. Ini dilakukan agar brand makin dikenal oleh khalayak ramai.

Tujuan Digital Marketing
  1. Meningkatkan pangsa pasar
  2. Meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog atau website
  3. Meningkatkan pendapatan penjualan
  4. Mengurangi biaya, misalnya biaya distribusi atau promosi
  5. Mencapai tujuan merek, seperti meningkatkan kesadaran merek
  6. Meningkatkan ukuran database
  7. Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian, atau tingkat referensi pelanggan
  8. Memperbaiki manajemen rantai suplai, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau mengoptimalkan tingkat persediaan.
Landing Page Tribelio Buat Bisnis Lebih Mudah

Tribelio

Berbicara tentang Digital Marketing dan Tujuannya memang lebih cocok kita tampilkan atau tempatkan pada sosial media yang kita punya yang memungkinkan banyak orang dapat melihatnya dan menumbuhkan ketertarikakannya. Namun untuk lebih detailnya kita tentunya memakai Website agar jangkauannya lebih luas lagi. Namun tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengelola website. Bahkan saya pun baru memulai blog ini dengan meraba-raba. Kebanyakan orang yang sudah tau tentang website hanya sekedar tau saja namun belum bisa memaksimalkan fungsi dari website yang mereka miliki. Tribelio memahami, bahwa masih banyak orang yang kesulitan dengan hal-hal mengenai website. Maka Denny Santoso membuat Tribelio. Yang belum tau tentang Denny Santoso beliau adalah seorang Digital Marketer yang namanya sudah sangat besar di Indonesia. Denny Santoso menjadi Digital Marketer Indonesia pertama yang mendapatkan 2 Comma Club Award dari Click Funnels. Jadi apa itu Tribelio yang dibuat oleh Denny Santoso?


Tribelio

Tribelio adalah sebuah platform untuk membantu orang-orang yang ingin membangun dan mengelola komunitas, dan memperoleh pendapatan dari keberadaan komunitas dalam bisnis mereka. Seperti diketahui, para pelaku bisnis membuat grup komunitas bisnisnya di platform media sosial yang sudah ada di publik. Namun, platform-platform tersebut penggunaannya terbatas. Misalnya saja dalam memasukkan konten, ataupun ketika ingin mengakses database masing-masing member komunitas sangat terbatas aksesnya. Menurut Koh Denny dengan Tribelio ini pengelolaan sepenuhnya berada pada tangan pelaku bisnis itu sendiri. 


Tribelio Page adalah bagian dari Tribelio atau fitur dalam Tribelio yg berfungsi untuk membuat Landing Page. Jika kalian sering menjumpai netizen comment spill bajunya dong kak??? spill creamnya dong kak??? Lalu creator bakalan nunjuk link ada di bio Instagram atau Tiktok. Nahh fungsi Tribelio Page hampir serupa namun dengan Tribelio Page kalian dapat melakukan hal yg lebih. Kalian bisa mengatur manajemen customer dan kalian juga dapat menjangkau customer dengan mudah karena dalam Tribelio Page kita juga mendapatkan database calon customer kita sehingga kita bisa prospek para calon customer buar jadi customer yang loyal terhadap barang dan jasa yang kita tawarkan.


Tribelio Page

Saya sudah mengulik bagaimana membuat Landing Page lewat Tribelio Page. Menarik dan cukup simple karna dalam Tribelio Page ini kita ditawarkan beberapa template yang memudahkan kita dalam membuat suatu Landing Page. Template-template yang disediakan juga menyesuaikan dengan pribadi dari kita masing-masing ingin dibuat seperti apa Landing Page kita. Karena gua lagi-lagi sedang membangun Personal Branding maka gua sertakan link-link yang menuju ke Blog saya yaitu www.pnsmedioker.com dan link masuk ke komunitas trading yang gua punya yaitu TradingFun. 



Tribelio PageTribelio Page


Cara buat Landing Page di Tribelio :
  1. Buka laman www.tribelio.com lakukan pendaftaran akun, isi nama lengkap, email dan kata sandi
  2. Setelahnya muncul pilihan; Free Plan dan Page Plan. disini terserah kalian mau pilih yang mana, bebas. Di sana nantinya juga ada dijelaskan kalau page plan adalah jenis yang berbayar yang pastinya mempunyai keunggulan dari yang free
  3. Pilih Create A Landing Page
  4. Isi nama situs, deskripsi dan link untuk mempermudah mesin pencari mengidnentifikasi halamanmu
  5. Pilih template yang ada, atau bisa juga kamu membuat kreasi desain templatemu sendiri
  6. Edit template dan tata letak template sesuai keinginan kalian
  7. Klik publikasi.
  8. Landing Page Tribelio Saya
Menu Instant Payment Tribelio
Instan Payment  dari Tribelio yang jadi kunci dari para pelaku bisnis juga menjadi menu andalan disini. Instant Payment adalah salah satu komponen di Tribeliopage yang berfungsi sebagai tempat untuk bertransaksi dan menjual produk. Dengan instant payment kalian bisa menerima pembayaran dari customer kalian, dan juga kalian bisa menjual produk yang kalian miliki, baik produk digital, dan juga produk fisik. Untuk cara buat Instan Payment kalian bisa cek link ini atau simak penjelasan dibawah

Instant Payment


Cara buat Instant Payment Tribelio
  1. Pertama di menu Dashboard, klik menu "Commerce", lalu klik "Instant Payment". 
  2. Klik “Create New Instant Payment”. 
  3. Kalian bisa pilih Enabled atau Disabled, untuk Product Status kalian. 
  4. Isi link pada instant payment kalian. 
  5. Kalian bisa isi harga untuk produk pada "Product Price". 
  6. Lalu kalian bisa pilih “Product Type”.
  7. Untuk Physical Product dan Digital & Physical, kalian bisa isi keterangan produk, diantaranya Length, Width, Height, Weight.
  8. Kalian bisa upload gambar, pada menu “Image”.
  9. Kalian bisa klik “Advanced Options” untuk setting lanjutan instant payment, atau jika sudah selesai setting, bisa klik "Save" untuk menyimpan instant payment.
  10. Di menu Advanced Options, kalian bisa isi "Tag" untuk menandai customer yang telah membeli instant payment.
  11. Untuk mengisi email custom untuk customer, kalian bisa mengisi pada menu “Subject Email”, dan “Body Email”. 
  12. Jika kalian menjual produk digital, kalian bisa mengirim link produk di email, pada menu “Success Page”, dan “Button Label”. 
  13. Untuk “Success Page”, bisa digunakan juga diisi link untuk mengarahkan user ketika sudah sukses bayar produk digital kalian. 
  14. Kalian bisa melihat preview dari email yang telah dibuat, dengan klik "Preview Email". 
  15. Kalian bisa klik "Save" untuk menyimpan Instant Payment kalian.
  16. Jika kalian belum mengisi "Shipment" untuk pengiriman produk physical, kalian bisa mengatur kurir dan alamat, setelah itu "Save" instant payment.
  17. Kalian bisa klik "Save" untuk menyimpan Instant Payment kalian. 
  18. Kalian bisa mendapatkan link instant payment dengan klik, Share. 
  19. Kalian juga bisa menyisipkan link instant payment di komponen tribeliopage, seperti button, image, dsb. Dengan cara klik Share lalu Copy Link, dan juga bisa menginputkan pada form URL di dalam komponen tribeliopage.
Kesimpulan
Kalau secara pribadi saya sendiri dengan menggunakan Tribelio Page ini menjadikan sasaran customer kita semakin jelas. Hal ini karena para customer dapat melihat barang dan jasa yang kita tawarkan ketika para customer tertarik dan bisa melakukan pembelian dengan menu Instan Payment. Selain itu ketika para customer tertarik mereka dapat langsung mengirimkan data kepada kita untuk langsung kita follow up atau tindak lanjuti customer tersebut.

Dengan Tribelio menjadikan kita dapat menjangkau berbagai hal dalam satu halaman yang kita buat. Tribelio juga membantu dalam Personal Branding yang kita bangun karena pemasarannya berbasis digital jadi mudah untuk menjakau customer dari berbagai aspek. 

Gimana??? Keren dan Mudah bukan???? Tentunya
Semoga tulisan ini bisa bantu kalian dalam membangun Bisnis dan Personal Branding Kalian......


Surya A Mahendra
Surya A Mahendra Hanya seorang Guru yang mecoba untuk ngeblogger

Post a Comment